Sidang Tilang

Yah, selamat siang kepada pembaca sekalian.. kali ini saya akan membagikan pengalaman saya kemarin saat mengikuti sidang tilang (sidang?? really??). Ini adalah pengalaman pertama saya menjadi pelanggar hukum dan mengikuti sidang.  jadi tanggal 13 November kemarin saya datang ke pengadilan negeri surakarta jam 08.00 untuk megikuti proses persidangan. di depan gedung sudah berjejeran macam macam bentuk calo yang menawarkan jasa nya untuk membantu kita agar kita tidak perlu mengikuti proses sidang. dengan hormat saya menolak beberapa calo yang datang karena tujuan saya adalah mencari pengalaman untuk mengikuti proses persidangan. namun hal yang tidak saya duga muncul setelah saya masuk ke gedung pengadilan untuk mengambil nomor antrian. setelah menyerahkan surat tilang, saya kira akan menunggu dan masih menunggu lagi begitu lama, tapi ternyata selang beberapa menit saya dan beberapa orang yang telah menyerahkan surat tilang tersebut dipanggil lagi oleh petugas. petugas itu kemudian menyebutkan denda masing – masing pelanggar. setelah itu para pelanggar membayar denda dan petugas mengembalikan berkas yang disita polisi saat penilangan. saya pun juga membayar denda kemudian mengambil SIM saya. Kemudian saya berpikir…

“beginikah sidang?? apa seperti ini kah yang namanya persidangan??” ternyata tidak seperti yang saya bayangkan bahwa saya akan mengikuti proses persidangan dengan waktu yang lama dan seperti yang telah saya baca di artikel. jam 08.30 saya sudah pergi meninggalkan gedung pengadilan negeri tersebut. cepat sekali bukan???

mungkin demikian pengalaman saya saat menghadiri sidang (sidang??) pertama saya. memang saya senang karna proses nya tidak rumit, tapi disisi lain saya merasa bahwa proses tersebut tidak sesuai dengan apa yang seharusnya. tapi entahlah..

Jadi, saya ingin memberikan tips pada saat mengikuti sidang sebagai berikut:

  1. Datang pagi
  2. Jangan pakai jasa Calo
  3. Langsung masuk ke gedung pengadilan dan minta nomor antrian

Jika beruntung proses persidangan (sidang??) akan berlangsung hanya beberapa menit saja seperti yang saya alami kemarin.

Semoga pembaca bisa mengambil kesimpulan sendiri atas apa yang menjadi pengalaman saya. Jangan jadi pelanggar jika tak ingin ditilang seperti saya. Jangan lupa bawa surat surat kendaraan juga . Sekian.

Leave a Reply

